Batch File bag.#1

Pemrograman batch file tidak lain adalah Unix Shell Programming versi Windows . Mari kita mulai dengan memahami apa yang terjadi ketika kita memberikan perintah DOS. DOS pada dasarnya adalah sebuah file bernama command.com file ini (command.com) yang menangani semua perintah DOS yang Anda berikan pada DOS prompt — seperti COPY, DIR, DEL dsb.

Perintah-perintah ini dibangun dengan file Command.com. (atau disebut perintah internal.). DOS memiliki sesuatu yang disebut juga perintah eksternal seperti FORMAT, Undelete, CADANGAN etc. Jadi setiap kali kita memberikan perintah DOS baik internal maupun eksternal, command.com langsung menjalankan perintah tersebut (Internal Perintah) atau memanggilan program eksternal yang terpisah dan menjalankan perintah itu untuk kemudian mengembalikan hasilnya (Perintah Eksternal).

Jadi, mengapa kita perlu memprogram Batch File? Katakanlah Anda perlu menjalankan seperangkat perintah berulang kali untuk melakukan tugas rutin seperti Back up File Penting, Menghapus file-file sementara (*. tmp,. Bak, ~ .* dll) maka sangat sulit menetapkan perintah berulang-ulang untuk jenis yang sama. Untuk melakukan seperangkat perintah massal yang sama berulang-ulang, file Batch digunakan. Batch File adalah untuk DOS sedangkan Macro untuk Microsoft Office dan digunakan untuk melakukan set otomatis standar tugas berulang-ulang.

Jadi, bagaimana cara membuat batch file? Untuk mulai menikmati menggunakan file Batch, Anda perlu belajar untuk membuat file Batch. file Batch pada dasarnya file teks biasa yang berisi perintah DOS. Jadi editor terbaik untuk Anda dalam menulis perintah adalah Notepad atau DOS Editor (EDIT) Yang perlu Anda ingat adalah bahwa seharusnya batch file berekstensi BAT (. Dot kelelawar). Menggunakan file batch cukup sederhana juga. Sebagai contoh jika Anda membuat file Batch dan disimpan dengan nama file batch.bat maka semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan file batch adalah untuk type: C:\windows batch.bat, Jadi apa yang terjadi ketika Anda memberikan command.com Batch file untuk mengeksekusi? Setiap kali command.com datang di program file batch, itu akan beralih ke modus batch.

Dalam modus batch, ia membaca perintah dari baris demi baris batch file. Jadi pada dasarnya apa yang terjadi adalah, command.com membuka file batch dan membaca baris pertama, kemudian menutup batch file. Ia kemudian menjalankan perintah tersebut dan kembali membuka file batch dan membaca baris berikutnya. file Batch diperlakukan sebagai perintah Internal DOS

Sewaktu membuat file batch, satu hal yang Anda butuhkan untuk diingat adalah bahwa nama file dari file batch tidak harus menggunakan nama yang sama sebagai perintah DOS. Misalnya, jika Anda membuat file batch dengan nama dir.bat dan kemudian mencoba untuk menjalankannya pada prompt, tidak akan ada yg terjadi. ini karena ketika command.com datang di perintah, pertama kali memeriksa untuk melihat apakah itu adalah perintah internal. Jika tidak kemudian command.com memeriksa .COM, .EXE atau .BAT file dengan nama file yang sesuai. Semua perintah eksternal DOS baik menggunakan COM atau ekstensi EXE, DOS tidak pernah repot-repot memeriksa apakah program batch mengeluarkan hasilnya.

Sekarang mari kita lanjutkan ke program Batch file pertama Anda. Pertama ambil file batch sederhana yang menjalankan program .EXE. Ketikan baris berikut kedalam file teks kosong dan simpan dengan extension .BAT. C:cd windowstelnet sekarang mari kita menganalisis kodenya, baris pertama memberitahu command.com untuk menuju ke C: Berikutnya memerintahkan untuk mengubah direktori ke Windows. Baris terakhir memberitahu untuk memulai program telnet. Anda mungkin bertentangan dan mengatakan bahwa nama file untuk telnet adalah telnet.exe. Ya Anda benar, tapi ekstensi exe. Secara otomatis ditambahkan oleh command.com. Biasanya kita tidak perlu mengubah drive dan direktori sebagai direktori Windows karena merupakan default folder DOS. Sekarang mari kita jalankan batch file ini dan melihat apa hasilnya. Mulai command.com (DOS) dan jalankan file batch dengan mengetikkan: C: \ WINDOWS batch_file_nama anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut: C: \ WINDOWS scandisk> Dan Scandisk dijalankan.

Bersambung…..

Advertisements

2 thoughts on “Batch File bag.#1

  1. om…tolong donk sekalian kasih tau cara bikin program hecker biar kita tau kapan web site kita di hack orang ato gak huehuehuehu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s