Boot loader recovery

Sebenarnya ini tutorial cupu, namun karena sering absen waktu mata kuliah operating system jadilah saya the real dummy yang mesti ngulang kesalahan berkali kali.

Masalahnya sih simple, ngga bisa booting ke ubuntu 10.04 LTS setelah clean install windows 7 (terpaksa migrasi karena dapet OS Win7 Original gratisan…). Dulu banget waktu boot loader masih pake lilo untuk booting Win 2000 ama Red Hat masalahnya bisa diselesaikan menggunakan CD installer Red Hat, nah yang sekarang untuk booting Win 7 dan ubuntu 10.04 LTS menggunakan grub 2.

Lilo sendiri adalah Boot Loader yang terdapat pada sistem operasi GNU/Linux Red Hat dan turunannya. Biasanya, LILO sering di-set sesuai kebutuhan penggunanya. Banyak menu konfigurasi yang disediakan oleh LILO, dan LILO-pun dapat di-install dan di-uninstall. Kita dapat melakukan konfigurasi pada lilo dengan menggunakan text editor seperti vi,pico dan lain lain,dimana user root yang diizinkan untuk melakukan konfigurasi.letak file lilo ada di /etc/lilo.conf

#vi /etc/lilo.conf
message = /boot/message
timeout = 40
prompt
default = Redhat
boot = /dev/hda

Sedangkan untuk GRUB (GRand Unified Bootloader), adalah Boot Loader yang disediakan oleh GNU dan merupakan proyek dari GNU. GRUB banyak digunakan pada berbagai macam distro GNU/Linux. Karena GRUB banyak digunakan oleh berbagai macam distro GNU/Linux, maka perkembangan GRUB-pun menjadi pesat. Saat ini, terdapat versi ke-2 GRUB, yaitu GRUB2 yang sudah ada pada GNU/Linux Ubuntu 10.10. Lebih lengkap mengenai GRUB

##system oprasi linux ##
image = /boot/vmlinuz
label = Redhat
initrd = /boot/initrd
root = /dev/hda7

Ada sedikit perbedaan untuk konfigurasi Grub dengan lilo ,dimana pada grub penamaan untuk partisi dan nomor partisi dimulai dari nol ”0” namun untuk mounting partisi tidak ada perbedaan.letak file konfigurasi grub di /boot/grub/menu.lst

Primary IDE master = /dev/sda0
Primary IDE slave = /dev/sda5
secondary IDE master = /dev/sda6
secondary IDE slave = /dev/sda7

Untuk konfigurasi dapat mengetikan perintah :

#vi /boot/grub/menu.lst
default 0
timeout 10

title Windows XP
root (sda0,5)
savedefault
makeactive
chainloader +1

title Ubuntu, kernel 2.6.15-26-386
root (hd0,1)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.15-26-386 root=/dev/hda2
initrd /boot/initrd.img-2.6.15-26-386
savedefault
boot

Nah lho….malah jadi ngelantur ngebahas boot loader…:-D, sebenarnya yang ingin saya bahas adalah recovery boot loader sewaktu grub terhapus pada saat proses clean install Win 7. So, berikut tahapannya yg sempat bikin frustrated….;)

Metode 1

Dengan menggunakan perintah/command grub yang biasa kita gunakan

rh15c@rh15c-laptop:~#grub
grub> find /boot/grub/stage1

kalau hasilnya

(hd0,1)

Maka ketikkan perintah berikut:

root (hd0,1)

Seharusnya root drive tempat folder boot berada sudah di mounted, sekarang kita perlu men-setup drive boot untuk menampilkan grub dengan perintah ini:

setup (hd0)

Seteleh itu keluar dari grub prompt. Dan reboot. Jika tidak berhasil gunakan metode kedua.

Metode 2

Jika grub tidak bisa mencari file stage1 atau bahkan drive boot tidak dikenali, gunakan metode ini:

sudo mkdir /mnt/root
sudo mount -t ext3 /dev/sda6 /mnt/root

Kemudian kita harus mounting proc subsystem dan udev kedalam /mnt/root

sudo mount -t proc none /mnt/root/proc
sudo mount -o bind /dev /mnt/root/dev

Tahapan diatas memungkinkan grub untuk menemukan drive kita, selanjutnya menggunakan chroot:

sudo chroot /mnt/root /bin/bash

Seharunya setelah akses ke chroot segala sesuatunya sudah bias bekerja. Lakukan metode 1 untuk installasi grub.
Jika di mesin linux anda belum terinstall grub paket, lakukan installasi

sudo grub-install /dev/sda

Metode 3

Masuk ke Bios, pastikan HDD yg terinstall Ubuntu terdeteksi, kemudian set HDD yg terinstall Ubuntu ke Mode Auto bukan LBA, Large, atau normal, dan TYPE ke USER tapi jangan merubah apapun selain itu.

Jika metode diatas tidak juga membantu, tidak ada salahnya menggunakan jalan yang terakhir, installasi boot loader menggunakan DVD installer Linux. Biasanya metode terakhir ini yang paling ampuh…

Diambil dari berbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s